Home » » Ternyata..Perikanan itu Menarik

Ternyata..Perikanan itu Menarik

KARTA JAYA | 1/09/2011 | 0 komentar |
Karta Jaya Tambunan (PSP 46)
Lautan Biru (Januari 2011), Awalnya bagiku perikanan adalah sebuah pembicaraan yang biasa saja. Kenapa? karena secara  harfiah ilmu perikana tidak terlalu digeluti oleh orang banyak. tetapi setelah saya terjun ke dalamnya, ternyata ilmu perikanan itu sangat menarik. Dilihat dari sumberdaya alam, laut menyumbangkan SDA yang banyak juga. Maka dari situ ilmu perikanan yang secra umum akan mempelajari lautan, terutama lautan Indonesia yang begitu luasnya. Indonesia adalah negara maritim, dimana luas perairannya lebih luas dari daratannya. Sehingga sumberdaya laut kita perlu untuk dikelola dan dokembangkan juga.

Sebagai seorang mahasiswa perikanan, saya ingin sekali mengembangkan perikanan Indonesia yang selama ini seperti hilang ditelan bumi. Awal perjalanan saya di dunia perikanan bemula dari kuliah di Institut Pertanian Bogor. motivasi awal saya kuliah di IPB adalah, bahwa melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya. Apalagi saya berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu, tetapi hal itu tidak menjadi penghalang buat saya untuk terus menggali ilmu. 
Awalnya saya merasa senang bisa kuliah di IPB yang sudah dikenal banyak  orang. Seiring berjalannya waktu, saya mulai merasakan kebosanan di sana-sini yang menurunkan semangat aya untuk belajar. Apalagi saya memasuki jurusan (Perikanan. red), saya mulai merasa tidak nyaman di sana, karena jurusan itu bukan merupakan jurusan pilihan saya, melainkan jurusan itu dipilihkan oleh IPB buat saya. 
Rasa bersyukur dalam hidup saya sudah mulai hilang, dan yang pasti saya tidak ingin bertumbuh di sana (Perikanan. red). Suatu saat, saya disadarkan oleh kuasa Tuhan, bahwa saya ditempatkan di sana justru biar saya menjadi orang yang sesungguhnya, orang yang tahan akan cobaan, dan supaya jadi orang yang bertanggung jawab. 
Melihat segi perikanan kita, saat ini kita telah tertinggal dengan negara-negara yang notabenenya lautan mereka lebih kecil daari kita. Itulah yang menjadi pertanyaan saya setelah saya  menginjakkan kaki di dunia perikanan ini. Oleh karena itu, lewat blog ini saya ingin berbagi dengan teman-teman, dan sobat-sobat saya gimana jadinya lautan kita jika bukan kita yang memperbaikinya. 
Maka lewat blog inilah saya ingin menuangkan semua yang ada dalam otak saya tentang perikanan kita. Supaya kedepannya laut kita terjaga dan terhindar dari ulah tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 
Akhir kata saya ucapkan terima kasih buat Yang Maha Kuasa, karena berkatNya saya bisa berkarya dan mempunyai kesempatan untuk merawat laut kita. Semoga kedepannya saya dapat menjalankan amanah ini.
Share this article :
 
Didukung oleh : Karta Jaya Web | TIPS untuk Blogger | TIPS dan TRIK BLOG
Copyright © 2010. LautanBiru.com
Note : Semua artikel yang ada dalam blog ini, semata-mata hanya untuk
dibagikan buat sobat blogger yang membutuhkan
Template blog telah dimodifikasi dengan perubahan tampilan yang ada.
TERIMA KASIH atas kunjungan Anda.
Jika ada saran/kritik, silahkan kirim e-mail ke:
Kartajaya25@gmail.com atau karta.tambunan@ymail.com