Home » , » Pertanian adalah Jantung Negeri Ini

Pertanian adalah Jantung Negeri Ini

Karta Jaya | 6/23/2012 | 0 komentar |
Tidak asing lagi di telinga jika negeri ini dikatakan sebagai negara agraris yang mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Kekayaan alam ini didukung oleh luasnya daratan serta perairan yang Indonesia miliki. Jika dibandingkan dengan luas wilayah negara tetangga kita, wilayah pertanian kita sebenarnya jauh lebih luas dari wilayah pertanian mereka. Tetapi lihat saja apa yang kerap terjadi akhir-akhir ini dengan sektor pertanian kita. Sebenarnya sektor pertanian kita tidak buruk-buruk amat dalam pengoptimalisasiannya, akan tetapi masih ada kekurangan di sana sini yang mengakibatkan sektor pertanian kita kurang optimal di dalam berbagai subsektornya.

Jika kita berangkat dari defenisi pertanian secara luas, maka pertanian ini dapat diartikan sebagai suatu sektor yang mengelola produk tumbuhan, hewan, ikan, serta mengelola lingkungan sekitar supaya menghasilkan output yang bermanfaat bagi manusia. Nah, dari defenisi di atas bisa kita simpulkan bahwa pertanian itu bukan hanya mencakup tanam-tanaman saja, akan tetapi pertanian yang sejatinya adalah seperti yang dijelaskan di atas. Hal inilah salah satu pemicu banyaknya anak-anak muda sekarang kurang tertarik dengan dunia pertanian. Karena yang ada dalam pikiran mereka teantang pertanian adalah bertani, turun ke sawah, bercocok tanam (berkebun), dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya paradigma tersebut benar-benar salah. Sehingga dalam konteks masalah ini, generasi muda sekarang perlu disadarkan akan paradigma yang salah tadi.

Untuk merubah paradigma yang salah tadi, perlu adanya langkah-langkah konkrit dari pihak pemerintah maupun masyarakat secara umum untuk terjun langsung ke lapangan. Terjun langsung ke lapangan di sini maksudnya adalah memberikan penjelasan atau gambaran pertanian Indonesia kepada masyarakat dan generasi muda secara khususnya. Bila penting, pengenalan akan dunia pertanian ini secara langsung dilakukan  kepada anak-anak di usia dini. Mungkin susah untuk ditangkap oleh anak-anak usia dini. Tetapi saya yakin dengan cara perlahan-lahan kepada anak-anak, pengenalan dan menumbuhkan rasa cinta akan dunia pertanian ini akan berhasil.

Kenapa mesti memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta dunia pertanian kepada anak usia dini? Mungkin akan banyak orang bertanya akan hal ini, khususnya dari pihak si anaknya juga akan menanyakan hal yang sama. Mau tidak mau pertanian harus diperkenalkan kepada mereka (generasi masa depan), karena pertanian adalah jantung daripada Negeri ini. Tanpa pertanian, negeri ini akan kelaparan dan bukan berarti sektor yang lainnya tidak penting yah !!. Jika kita tidak bisa turun langsung kelapangan untuk menyampaikan langsung seperti apa pertanian Indonesia itu, ayo kita berikan kontribusi lewat dunia maya. Jika sobat blogger mempunyai account situs sosial, ayo kita posting tulisan yang berbau dengan pertanian. Karena pertanian adalah jantung daripada bangsa ini.
MAJULAH PERTANIANKU. MAJULAH BANGSAKU.



By: Karta Jaya H Tambunan.
Share this article :

Google+ Badge

 
Didukung oleh : Karta Jaya Web | TIPS untuk Blogger | TIPS dan TRIK BLOG
Copyright © 2010. LautanBiru.com
Note : Semua artikel yang ada dalam blog ini, semata-mata hanya untuk
dibagikan buat sobat blogger yang membutuhkan
Template blog telah dimodifikasi dengan perubahan tampilan yang ada.
TERIMA KASIH atas kunjungan Anda.
Jika ada saran/kritik, silahkan kirim e-mail ke:
Kartajaya25@gmail.com atau karta.tambunan@ymail.com