Home » , , » Menguak Sejarah Peradaban Nusantara

Menguak Sejarah Peradaban Nusantara

Karta Jaya | 6/25/2012 | 0 komentar |
Indonesia adalah  negara maritim dengn mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Inilah yang menjadi aset negara yang tidaka ada tandingannya. Jika kita melihat potensi alam yang ada di perairan Nusasantara, rasanya tidak  tidak cukup waktu untuk menghitungnya. Bukan hanya potensi alam yang ada di perairan, demikian juga halnya dengan beragamnya budaya yang ada di belahan Nusantara ini.  Hal inilah yang sering tidak kita sadari sebagai anak-anak bangsa. betapa kayanya negri ini. Sehingga secara tidak langsung cinta akan budaya negri ini perlahan-lahan akan terkikis dengan masuknya budaya-budaya luar dengan bebasnya ke dalam Negeri ini.

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menguak sejarah peradaban negri ini, bahwa sejatinya bangsa ini adalah bangsa pelaut (negara maritim) sejak dahulu kala. Sejarah mencatat bahwa bangsa Indonesia sudah dikenal dunia sebagai bangsa maritim yang memiliki peradaban yang sangat maju. Bahkan bangsa ini pernah mengalami masa keemasan sejak awal Masehi. Menggunakan kapal bercadik, nenek moyang kita berlayar mengelilingi dunia dan menjadi bangsa yang disegani. Dengan fakta yang dapat menjelaskan bahwa dengan bekal alat navigasi seadanya bangsa ini mampu berlayar ke utara, memotong laut Hindia Madagaskar, dan berlajut ke timur hingga pulau Paskah. Seiring dengan berjalannya waktu, alur pengangkutan komoditas pedagang melalui rame dengan memanfaatkan transfortasi laut yang akhirnya mendororng kerajaan-kerajaan di Nusantara memiliki armada yang besar.

Pada masa kejayaannya, Nusantara adalah negara maritim yang sangat disegani di Asia Tenggara, Sriwijaya (683-1030 M) telah mendasarkan politik kerajaan pada penguasaan alur pelayaran dan jalur perdagangan, serta menguasai wilayah-wilayah strategis yang digunakan sebagai pangkalan kekuatan laut. Tidak hanya Sriwijaya, ketangguhan maritim juga ditunjukkan Singasari di bawah pemerintahan Kertanegara pada abad ke-13. Dengan ketangguhan armada laut, Kertanegara mengirim ekspedisi bahari pada 1275 ke kerajaan Melayu dan Campa untuk menjadikan persahabatan dalam menghambat gerak kerajaan Mongol ke Asia Tenggara. Pada tahun 1284, mereka menaklukkan Bali dengan ekspedisi laut ke Timur.

Puncak kejayaan maritim Nusantara terjadi pada masa kerajaan Majapahit (1293-1478) di bawah kepemimpinan Raden Wijaya, Hayam Wuruk dan patih Gajah Mada. Majapahit berhasil menguasai dan mempersatukan NUsantara, bahkan pengaruhnya sampai ke Negara asing seperti Siam, Ayuthia, Lagor, Campa (kamboja), Anam, India, Filipina dan China.

Sekilas sejarah di atas menggambarkan bahwa peradaban bangsa ini sangat maju dulunya. Nusantara yang mempunyai kerajaan-kerajaan besar dan disegani negara lain. Paradigma masyarakatnya mampu menciptakan visi  maritim sebagai bagian utama dari kemajuan politik, budaya, ekonomi, dan sosial.
Share this article :

Google+ Badge

 
Didukung oleh : Karta Jaya Web | TIPS untuk Blogger | TIPS dan TRIK BLOG
Copyright © 2010. LautanBiru.com
Note : Semua artikel yang ada dalam blog ini, semata-mata hanya untuk
dibagikan buat sobat blogger yang membutuhkan
Template blog telah dimodifikasi dengan perubahan tampilan yang ada.
TERIMA KASIH atas kunjungan Anda.
Jika ada saran/kritik, silahkan kirim e-mail ke:
Kartajaya25@gmail.com atau karta.tambunan@ymail.com