Home » » Perbaikan Kapal

Perbaikan Kapal

Karta Jaya | 12/11/2011 | 2komentar |
Perbaikan kapal (biasanya yang dilakukan adalah proses pendempulan pada kulit kasko kapal). Kapal merupakan sebuah alat transportasi laut yang mempunyai daya apung dan mempunyai daya muat, dimana kapal digerakkan oleh mesin ataupun gaya yang timbul dari efek mendayung.
Sebenarnya perbaikan kapal itu bukan hanya pada proses pendempulan kapal, masih banyak lagi proses-proses perbaikan kapal. Kebetulan nih, tanggal 10 Desember 2011 kami mengadakan praktikum Perbaikan Kapal di kampus Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB. Adapun praktikum yang kami lakukan adalah untuk mempraktekkan bagaimana proses pendempulan pada kulit kasko kapal.
Nah penasaran kan, gimana proses pendempulan kulit kasko kapal?. Makanya simak beberapa penjelasan berikut ini....!!!

A. Ringkasan Teori
Pada umumnya kapal perikanan yang ada di negara kita terbuat dari bahan kayu. Oleh karenanya, pada setiap kulit kasko kapal itu pasti ada sela-sela dimana sela tersebut akan mengakibatkan masuknya air ke dalam kapal. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:
  1. Terjadinya pemuaian pada gading-gading kapal
  2. Terjadinya penyusutan pada kulit kasko kapal
  3. Pengaruh pembusukan yang disebabkan oleh terendam air
  4. Umur teknis kayu
  5. dll
Contoh kapal kayu yang ada di kampus PSP FPIK IPB:












Kapal Rindu Air PSP IPB

Pada praktikum tersebut, pendempulan kapal menggunakan beberapa alat dan bahan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Alat yang digunakan
1. Palu/martil
Martil digunakan untuk membantu pahat memasukkan pakal kedalam sela-sela yang akan didempul.







2. Pahat
Pahat ini khusus digunakan untuk memasukkan pakal ke dalam sela-sela yang akan didempul dengan menggunakan palu/martil.






3. Alat pembersih kulit kasko
heheh..saya kurang tau apa nama alat ini. Tetapi menurut yang aku tangkap di praktikum ini, alat ini khusus digunakan untuk membersihkan bagian dan sekitar sela-sela yang akan didempul. Selain itun juga alat ini berfungsi untuk mengoleskan adukan dempul damar pada saat setelah adukan semen putih yang telah diolesi ke dalam sela-sela tersebut dalam keadaan kering. Jadi adukan dempul Damar ini berfungsi untuk merekatkan adukan semen putih dengan permukaan sekitar sela-sela yang akan didempul.

4. Tempat Adukan
Biasanya tempat yang digunakan adalah baskom, seperti terlihat pada gambar berikut ini.








  • Bahan yang digunakan
1. Pakal
Pakal ini digunakan untuk lapisan pertama yang dimasukkan pada sela-sela yang akan didempul. Pakal ini dimasukkan sebanyak mungkin sampai sela yang akan didempul tersebut tertutup.


2. Semen Putih
Semen putih ini digunakan pas setelah bahan pakal telah dimasukin ke dalam sela-sela yang akan didempul. Tetapi seblum semen putih ini di masukin, terlebih dahulu diaduk dengan menggunakan Solar sampai kental.





3. Dempul Damar
(maaf tidak sempat ngambil gambarnya, soalnya keburu diaduk....)
Dempul damar ini digunakan pada saat adukan semen putih telah diolesi di sela-sela yang akan didempul dalam keadaan kering.

4. Lem Top
Lem top ini diaduk dengan menggunakan bensin dan dicampur dengan dempul damar.







4. Solar
Biasanya bahan yang digunakan untuk mengaduk semen putih dan dempul damar adalam minyak tanah. Akan tetapi karena saat ini minyak tanam susah untuk didapatkan, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan solar.
Pada praktikum ini solar dituangkan untuk mengaduk semen putih dan dempul damar sampai mencapat keadaan kemtal.



5. Cat
Cat ini digunakan untuk menutupi hasil pendempulan, supaya tidak terlihat kotor.







Nah...di atas telah saya jelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum perbaikan kapal kali ini. Sekarang adalah proses pendepulan pun akan kita lihat seperti di bawah.

B. Proses Pendempulan
Sebelum pendempulam dilakukan, kita bersihkan dulu sela-sela yang akan didempul. Suapa kotoran atau partikel yang terdapat di sela tersebut tidak mengganggu proses pendempulan. Setelah itu pakal kita masukkan ke dalam sela-sela yang akan di dempul. Seperti gambar berikut ini:

















Nah..setelah pakal selesai dimasukin ke sela-sela yang akan didempul, maka selanjutnya kita akan melakukan pengadukan semen putih yang dicampur dengan solar, seperti gambar di bawah ini:

Dari gambar di atas terlihat bahwa solar dicampur pada adonan semen putih. Tetapi kita tidak bisa sekaligus menuangkan solar banyak-banyak, harus dengan perkiraan karena dapat mempengaruhi kekentalan adonan.
Setelah adonan semen putih sudah siap, maka sekarang waktunya untuk mengoleskan adonan tersebut ke sela-sela yang akan didempul. Untuk prosesnya dapat kita lihat pada gambar berikut ini:



















Menunggu olesan semen putihnya kering, mari kita aduk lagi dempul damar.
Untuk proses pengadukan dapat kita lihat seperti di bawah ini:









Pada gambar di atas, terlihat teman saya satria sedang mengaduk adukan dempul damar yang dicampur dengan lem top, yang kemudian diolesi pada permukaan sela-sela yang telah diolesi adukan semen putih terlebih dahulu.
Setelah langkah-langkah di atas selesai silakukan, maka pengecetan pun bisa dulakukan.
Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ini, saya mohon maaf. Tolong tinggalkan komentar anda.
Terima kasih.

Galeri Foto
Share this article :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis dalam melakukan pendempulan untuk kapal kayu, yaitu dengan menggunakan lem epoxy. kalau misalnya temen-temen yang di jurusan PSP FPIK ingin tahu silahkan kontak saya di carno.adinata@propanraya.com

kebetulan saya juga lulusan IPB cuma jurusan TEP, kalau boleh saya tahu siapa dosen yang mengajar perbaikan kapal kayu ya. terimakasih.

Karta Jaya mengatakan...

@Anonim : Terima kasih buat infonya.
Buat dosen yang mengajar Kapal di PSP IPB itu ada beberapa orang

ada:
Ibu Yopi Novita, Ibu Vita Rumanti, Bpk. Imron, Bpk. Deni Ahmad Subour.

Google+ Badge

 
Didukung oleh : Karta Jaya Web | TIPS untuk Blogger | TIPS dan TRIK BLOG
Copyright © 2010. LautanBiru.com
Note : Semua artikel yang ada dalam blog ini, semata-mata hanya untuk
dibagikan buat sobat blogger yang membutuhkan
Template blog telah dimodifikasi dengan perubahan tampilan yang ada.
TERIMA KASIH atas kunjungan Anda.
Jika ada saran/kritik, silahkan kirim e-mail ke:
Kartajaya25@gmail.com atau karta.tambunan@ymail.com