Home » » UTS or Middle Test Kembali Menyapa

UTS or Middle Test Kembali Menyapa

Karta Jaya | 4/02/2012 | 0 komentar |
UTS atau istilah kerennya Middle Test  kini telah kembali menyapa masiswa/i kampus hijau IPB tercinta (kata orang sih..hehehhe). UTS yang akan diadakan tanggal 2 April sampai dengan 14 April 2012 ini akan cukup menguras tenanaga bagi sebagian mahasiswa/i. Lantas apa yang membuat UTS ini menguras tenaga yah????

Berbagai fakta di lapangan membuktikan bahwa ujian-ujian yang ada di tengah-tengah kampus ini membuat para mahasiswa/i jaman sekarang tiba-tiba sangat rajin. Padahal sebelumnya mahasiswa kebanyakan menghabiskan waktu dengan jalan-jalan, berorganisasi, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa/i jaman sekarang ini. Memang sih banyak orang mengatakan bahwa fenomema itu disebabkan oleh perkembangan jaman. Nggak taulah, apakan statement itu benar kenyataannya. Di lain pihak memang kita harus mengikuti perkembangan jaman yang semakin canggih, supaya tidak dibilang gaptek gitu lohh, heheheh ^_^. Tapi bukan berarti dengan mengikuti perkembangan jaman, budaya-budaya baik yang telah tertanam sebelumnya iktu terkikis oleh jaman itu sendiri. Tidak sedikit orang berpikir bahwa segala sesuatu pasti bisa kita selesaikan dengan mudah dengan menggunakan kemajuan yang ada sekarang ini. Padahal itu mutlak salah 100 percent.

Perlu untuk diketahui, bahwa budaya-budaya baik yang telah ditanamkan oleh nenek moyang kita telah banyak terkikis (lepas dari hidup kita) oleh kemajuan jaman ini. Kemajuan taknologi, kemajuan pola pikir, dan masih banyak lagi kemajuna2 yang ada membuat kita sering melupakan hal-hal sederhana yang pernah kita lakukan, dan hal sederhana itu sebenarnya sangat bermanfaat buat kita. Contohnya adalah "Menyicil Pelajaran".

Menyicil pelajaran adalah merupakan hal sederhana yang dapat kita lakukan kapan dan dimanapun kita berda. Faktanya hal kecil dan sederhana ini sudah jarang kita temukan/lakukan di jaman millenium ini. Tidak tau pasti apa penyebabnya, tetapi banyak pandangan orang-orang mengatakan bahwa hal menyicil pelajaran ini adalah hal yang gampang, sehingga bisa dilakukan di lain hari. Lebih baik kita melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat lagi (kegiatan-kegiatan yang berbau teknologi). Sekarang ini kita lihat intensitas kita untuk belajar sudah lebih sedikit daripada browsing, main-main, jalan-jalan. dll. Browsing dan main-main ini adalah suatu kegiatan yang ditawarkan oleh perkembangan jaman itu sendiri. Tampa perkembangan teknologi, mungkin kita tidak akan mengenal kata-kata Browsing dan lain sebagainya.

Akibat malas menyicil pelajaran (menunda-nunda waktu untuk belajar), akhirnya waktu ujian banyak orang terutama kalangan mahasiswa/i banyak yang belajar sistem kebut semalam (SKS). Dan fenomena inilah yang saat ini sedang terjadi di sekitar kampus kami, dan bukan cuman di kampus kami. Wabah ini katanya sudah merambah di seluruh belahan Nusantara. hahahah Jadi tidak heran lagi jika kebiasaaan ini kita temukan dimana-mana, kecuali di Tapanuli (hahahahahhah...juskid..).

Sebenarnya obat dari wabah penyakit ini gampang ko. Kita tidak usah pergi ke dokter untuk cek darah, seperti yang baru saya lakukan. Tapi bukan karena wabah penyakit SKS  ini loh saya lakukan cek ke dokter.  Saya lakukan cek karena memang sebelum saya menulis Note ini memang saya lagi dihinggapi sebuah penyakit, kata orang sih gejala DBD alias demam berdarah. Tetapi setelah cek ke dokter, kata beliau TIDAK. Penyakit ini hanya penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan anehnya saya lupa menanyakan virus apa yang berani-beraninya mendekati saya. Opppps ko jadi ngelantur yang ceritanya?

Tapi itulah sobat blogger wabah yang terjadi akhir-akhir ini dikalangan mahasiswa/i di kampus saya. Dan tidak bisa dipungkiri di kampus sobat juga seperti itu kan? (jika dan hanya jika sobat blogger adalah seorang mahasiswa/i) hahahah udah kaya pertidaksamaan kwadrat yah?..lohhhhhhhhhh????? benar gak sih itu???. Dalam notes saya kali ini saya hanya membagikan sedikit tips kepada sobat yang masih dihantui oleh wabah penyakit di atas (bukan virus yang gak jelas tadi yah?). Meskipun saya sendiri masih bekerja keras untuk memulihkan kehidupan (sistem belajar) saya dari wabah penyakit SKS yang menjebolkan IP ini. hahahahahah.

TIPS PERTAMA:
Hargai waktu yang ada. Banyak cara orang lain untuk menghargai waktu. Menghargai waktu bukan monoton kita terus menerus belajar, akan tetapi kita menghargai waktu dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Dan jika kita berbicara dengan kata bermanfaat, saya rasa sobat blogger sudah tahu apa yang saya maksud dengan bermanfaat.

TIPS KEDUA:
Berpikirlah yang realistis. Maksud saya realistis disini adalah jangan gunakan pola pikir yang yang mengatakan bahwa semuanya itu gampang. Jika sobat menyicil suatu mata pelajaran otomatis akan lebih mudah nantinya jika sobat belajar dalam menghadapi ujian dibandingkan anda belajar semua bab dari satu mata kuliah dalam satu hari (memakan tenaga bukan?) bukan cuman tenaga, otak juga, bahkan kantong anda akan terkuras.

TIPS KETIGA:
Buatlah catatan kecil yang bisa dibawa kemanapun anda pergi. Terbukti, memang tips yang satu ini secara otomatis akan menumbuhkan niat baca kita. Walaupun anda merasa caep, malas, atau apapun itu- mau tidak mau anda secara otomatis anda akan membaca catatan kecil yang telah anda buat tadi. Jadi tidak salah dong kalo tips yang satu ini sobat lakukan?.

TIPS KEEMPAT:
Masih banyak ko tips lain. Jangan pusing untuk memikirkan tips untuk belajar dengan baik. Jika sobat blogger pusing dengan hal itu, kan jaman sudah berkembang. Sobat blogger cukum menanyakan hal itu kepada Mbah Google, pasti Mbah Google mempunyai sejuta tips buat anda. Jadi jangan pernah pusing dengan wabah penyakit SKS ini lagi. Karna banyak obatnya.

Oke sobat blogger, demikianlah tulisan atau bisa dibilang tips yang gak jelas ini. hahhah, Tapi walaupun nggak jelas setidaknya saya sudah membukakan sedikit tentang SKS yang menjebolkan IP ini. Bahwa SKS ini tidak baik untuk pertumbuhan IPK sobat. Tapi bagi sebagian orang katanya baik. Tapi kalo menurut saya bagi masa depan sistem SKS ini tidak baik sobat blogger. Jadi jangan pernah lagi kita pelihara penyakit ini. Oke..???
Jadi sekarang mari kita mulai hidup baru dengan melakukan tips-tips yang baik untuk mengembangkan potensi yang ada dalah diri kita masing-masing.
Terima kasih, selamat berubah....!!! :)
Share this article :

Google+ Badge

 
Didukung oleh : Karta Jaya Web | TIPS untuk Blogger | TIPS dan TRIK BLOG
Copyright © 2010. LautanBiru.com
Note : Semua artikel yang ada dalam blog ini, semata-mata hanya untuk
dibagikan buat sobat blogger yang membutuhkan
Template blog telah dimodifikasi dengan perubahan tampilan yang ada.
TERIMA KASIH atas kunjungan Anda.
Jika ada saran/kritik, silahkan kirim e-mail ke:
Kartajaya25@gmail.com atau karta.tambunan@ymail.com