Home » , » Alat-Alat Pengamatan Tingkah Laku Ikan

Alat-Alat Pengamatan Tingkah Laku Ikan

Karta Jaya | 3/17/2012 | 0 komentar |
Dalam dunia perikanan sangat penting untuk mengetahui tingkah laku ikan terhadap respon yang diberikan kepada ikan. Respon ikan inilah yang menjadi pokok permasalahan para ilmuan sehingga menciptakan alat-alat yang berfungsi untuk mengamati tingkah laku ikan terhadap aksi yang kita berikan kepada ikan. Usaha untuk mempelajari tingkah laku ikan ikan ini sangat erat hubungannya dengan mempelajari pengembangan alat penangkapan ikan. Untuk mengetahui alat-alat apa saja yang digunakan untuk mengetahui atau mengamati tingkah laku ikan dapat sobat lihat di bawah ini.

1. Batistat
Peralatan ini digunakan untuk melihat tingkah laku ikan hingga laut dalam.Umumnya berbentuk silinder atau bola berongga dan terbuat dari bahan logam yang kuat. Alat ini dimasukkan ke dalam air; pasif ataupun ditarik oleh kapal. Dilengkapi dengan system penerangan dan penutup yang kedap air, system komunikasi untuk tetap menjaga agar tetap ada hubungan antara peneliti yang ada di dalam batistat dengan mereka yang ada di kapal.

2. Batiskap
Peralatan (free diving) dapat bergerak sendiri yang dihubungkan dengan kapal melalui tali baja yang kuat, mempunyai perlengkapan electromotor
yang memungkinkan bekerjanya propeller, sehingga mampu bergerak sendiri dengan kecepatan beberapa knot.Batiskap dapat bergerak ke permukaan maupun jauh ke dalam laut sejauh panjangnya tali baja penghubung dengan kapal. Dengan alat ini PICCARD melakukan penelitian untuk melihat tingkah laku ikan hingga pada kedalaman 11.000 meter di bawah laut.

3. Kapal Selam
Pengamatan langsung yang sangat modern dewasa ini adalah dengan menggunakan kapal selam.Salah satu kapal selam yang telah digunakan untuk mengungkapkan tingkap laku ikan herring di samudera Atlantik Utara adalah kapal selam “Severyanha” yang dimodifikasi untuk penelitian ilmiah.


4. Televisi, Film dan Pemotretan Bawah Air
Dengan peralatan ini, peneliti dapat melakukan pengamatan yang lebih teliti denganmelihat berulang kali hali rekamannya baik untuk pengamatan komposisi kelompok ikan,aktifitas, serta tingkah laku lainnya yang diperlukan dalam mendetrminasi, ukuran,komposisi, tingkat kepadatan dan sebagainya yang diamati saat ditayangkan
5. Fish Finder
Kebiasaan atau tingkah laku ikan dalam pengelompokan dapat diketahui. laku ini dalam hubungannya dengan faktor lingkungan atau stimulus yangdiberikan dan menjadi dasar dalam pengoperasian peralatan tangkap (Misalnya dari hasil deteksi di ketahui adanya kelompok ikan pada kedalaman tertentu, maka keputusan pengoperasian jenis alat tangkap dan kedalamannya dapat diambil untuk mengoptimalkan hasil tangkapan).

6. Water Tonic (Aquarium)
Aquarium merupakanperalatan yang digunakan dalam pengamatan tingkahlaku ikan tempat ikan diamati.Alat ini bisanya terbuat dari bahan kaca yang disisi air.

7. Mini Flume Tank
Alat ini merupakan flume tank dalam betuk kecil yang fungsinya untuk pengamatan performance ikan, mengetahui cara renang ikan, gaya renang ikan, cara makan ikan dan lain sebaginya. Alat ini terbuat dari kaca yang dimodifikasi dengan alat-alat tertentu seperti penambahan cahaya lampu dan pegatur arus.

8. ROV (Remote Operated Underwater Vehicle)
Alat ini digunakan dalam mengamati tingkah laku ikan pada dasar laut dangkal, karena dilengkapi dengan video kamera bawah air, mengamati penempatan pipa bawah air yang diletakkan di rancang untuk memantau kondisi bawah air, khususnya dalam penempatan objek bawah air, misalnya rumah ikan (fish shelter) atau rumpon bawah air.


9. Underwater TV Kamera
Alat ini dirancang khusus untuk memotret apa yang terjadi dalam perairan ketika pengamatan. Terdiri dari kabel kedap air, rumah kedap air, lampu infra red.

10. Mesin Embedding (Histocembedder)
Mesin ini digunakan dalam proses embedding. Mesin ini terdiri atas bagian-bagian antara lain cashbath, paraffin tank, cold plate, hot plate, dan vacuum oven. Alat ini dioprasikan dengan cara mengatur istrumen yang ada sesuai dengan fungsi dari masing-masing bagian. Prinsip kerjanya secara elektrik.

Sumber: Kuliah MOBA, Mayor PSP IPB
Share this article :

Google+ Badge

 
Didukung oleh : Karta Jaya Web | TIPS untuk Blogger | TIPS dan TRIK BLOG
Copyright © 2010. LautanBiru.com
Note : Semua artikel yang ada dalam blog ini, semata-mata hanya untuk
dibagikan buat sobat blogger yang membutuhkan
Template blog telah dimodifikasi dengan perubahan tampilan yang ada.
TERIMA KASIH atas kunjungan Anda.
Jika ada saran/kritik, silahkan kirim e-mail ke:
Kartajaya25@gmail.com atau karta.tambunan@ymail.com